Review Literatur : Analisis Zat Yang Berbahaya Yang Terdapat Pada Krim Pemutih Dengan Metode AAS dan Spektrofotometri UV-Vis

  • Ayus Diningsih Universitas Aufa Royhan
  • Anwar Syahadat Universitas Aufa Royhan Di Kota Padangsidimpuan
  • Nefonavratilova Ritonga
  • Mutiara Dewi Sitompul
  • Tasya Yusva Herlina Siregar

Abstract

Pemutihan kulit merupakan pemutihan lapisan epidermis melalui aplikasi buatan sendiri,  produk kosmetik atau dermatologis. Namun, ternyata terdapat zat berbahaya yang digunakan pada kosmetik pemutih kulit.Oleh sebab itu, berdasarkan fakta yang telah dipaparkan maka artikel ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui zat yang berbahaya yang terdapat pada krim pemutih.Metode penelitian yag digunakan adalah literature review, diperoleh hasil penelitian bahwa dalam krim pencerah kulit ini biasanya ditambahkan satu atau lebih bahan aktif yang bersifat mencerahkan. Efek mencerahkan ini biasanya berasal dari aktivitas bahan tersebut yang dapat menghambat proses pembentukan melanin maupun melindungi dari paparan sinar UV. Namun, bahan aktif yang ditambahkan ke dalam krim tersebut, ada yang aman dan ada pula yang berbahaya bagi kesehatan manusia.Telah dilakukan banyak penelitian yang menemukan bahaya bahan-bahan tersebut pada manusia. Beberapa di antara bahan berbahaya tersebut adalah logam seperti Hg,Pb, Ni, Co, Cr, Cd, As, Sb, hidrokuinon, titanium dioksida dan kortikosteroid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 18, 2023
How to Cite
DININGSIH, Ayus et al. Review Literatur : Analisis Zat Yang Berbahaya Yang Terdapat Pada Krim Pemutih Dengan Metode AAS dan Spektrofotometri UV-Vis. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 132-136, dec. 2023. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1191>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v8i2.1191.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>