HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU BEKERJA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS SITINJAK KABUPATEN TAPANULI SELATAN

  • Nur Hamima Harahap Universitas Aufa Royhan
  • Irawati Harahap
  • nur arfah nasution

Abstract

Salah satu masalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia adalah pemberian ASI Eksklusif. Rendahnya pemberian ASI Eksklusif disebabkan oleh perilaku ibu itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu bekerja dengan pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sitinjak Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2023. Penelitian ini bersifat kuantitatif degan pendekatan cross sectional study di wilayah kerja Puskesmas Sitinjak mulai November 2022 sampai Januari 2023. Populasi dan sampel adalah seluruh ibu bekerja yang ada di Wilayah Kerja Puskemas Sitinjak dengan tekhnik pengambilan sampel secara total sampel (exhaustive sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner serta pengolahan dan analisis data mengunakan program SPSS dengan uji Chi-Square dan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan ibu (p=0.17) tidak berhubungan secara signifikan dengan pemberian ASI Eksklusif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 18, 2023
How to Cite
HARAHAP, Nur Hamima; HARAHAP, Irawati; NASUTION, nur arfah. HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU BEKERJA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS SITINJAK KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 118-124, dec. 2023. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1193>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v8i2.1193.