PENGARUH BABY SPA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK BAYI USIA 3-6 BULAN DI DESA TELAGA SARI TAHUN 2023

  • Novi Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehati
  • Meiyana Sinaga
  • Efi Satriana Silalahi

Abstract

Perkembangan motorik merupakan sesuatu proses kemasakan atau gerak yang langsung melibatkan otot-otot untuk bergerak dan proses pensyarafan yang menjadi seseorang mampu menggerakkan tubuhnya. WHO menyatakan, bahwa 5-10% anak –anak usia prasekolah mengalami disfungsi otak minor, termasuk gangguan perkembangan motorik halus. Indonesia anak mengalami keterlambatan perkembangan umum belum diketahui dengan pasti , tetapi diperkirakan sekitar 1-3% anak di bawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan umum. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada perkembangan motorik adalah dengan melakukan baby spa. Tujuan penelitian ini untuk melihat bahwa treatment yang dilakukan dapat meningkatkan Perkembangan Motorik Bayi Usia 3-6 Bulan di Desa Medan Krio Tahun 2023.


Jenis desain penelitian ini menggunakan pre-Eksperimen Design dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu bayi dengan usia 3-6 bulan di desa medan krio dengan teknik pengambilan sampel secara Perposivo Sampling yang terdiri dari 30 responden.


Hasil penelitian menunjukkan perkembangan bayi sesudah dilakukan baby spa lebih tinggi dari pada sebelum baby spa. Setelah mendapat perlakukan baby spa terjadi peningkatan  bayi dalam kategori caution dari 2  menjadi 16 (53.3) bayi, kategori normal dari 13 menjadi sebanyak 14 (46.7) bayi dan dalam kategori caution telah terjadi peningkatan menjadi kategori advance dengan nilai p= 015b (<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesa diterima berarti Ada Pengaruh Baby Spa Terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Bayi Usia 3-6 Bulan Di Desa Medan Krio Tahun 2023.


            Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Ada Pengaruh Baby Spa Terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Bayi Usia 3-6 Bulan Di Desa Medan Krio Tahun 2023.Disarankan kepada tenaga kesehatan untuk mengembangkan promosi dan edukasi tentang baby spa kepada masyarakat khususnya pada orang tua untuk meningkatkan perkembangan motorik bayi. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 30, 2024
How to Cite
SUSANTI, Novi; SINAGA, Meiyana; SILALAHI, Efi Satriana. PENGARUH BABY SPA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK BAYI USIA 3-6 BULAN DI DESA TELAGA SARI TAHUN 2023. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 241-250, jan. 2024. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1258>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v8i2.1258.