HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN STIMULASI BICARA DAN BAHASA PADA BALITA USIA 36-48 BULAN DI PMB RATNA MANURUNG LAU DENDANG

Authors

  • EVA HOTMARIA SIMANJUNTAK UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Abstract

Stimulasi yang tepat akan merangsang otak balita sehingga perkembangan kemampuan gerak, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian pada balita berlangsung optimal sesuai dengan usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan stimulasi bicara dan bahasa pada balita usia 36-48 bulan di PMB Ratna Manurung Lau Dendang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita usia 36-48 bulan di PMB Ratna Manurung Lau Dendang yang berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling, dengan jumlah sampel yaitu 56 orang. Pengumpulan data dengan data primer dan dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan stimulasi bicara dan bahasa pada balita usia 36-48 bulan di PMB Ratna Manurung Lau Dendang dengan nilai p < 0,005. Disarankan kepada ibu harus memperhatikan tahapan perkembangan yang dilalui oleh balita sesuai usianya, sehingga dapat lebih meningkatkan pengetahuan penting dalam melakukan stimulasi agar perkembangannya optimal dengan membaca buku anak, luangkan waktu bermain, membaca buku cerita dan mengajak anak berbicara.

 

 

Keywords:

Kata kunci : Pengetahuan, stimulasi bicara dan Bahasa

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

SIMANJUNTAK, E. H. (2024). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN STIMULASI BICARA DAN BAHASA PADA BALITA USIA 36-48 BULAN DI PMB RATNA MANURUNG LAU DENDANG. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia / Indonesian Health Scientific Journal, 9(1), 336=–342. Retrieved from https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1410