HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DI SD INPRES 1 TALISE
DOI:
https://doi.org/10.51933/health.v9i2.1529Abstract
Pola asuh adalah cara orang tua berinteraksi, mendidik, dan membimbing anak. Cara orang tua mengasuh akan berpengaruh terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar dan kecerdasan emosional anak usia sekolah di SD Inpres 1 Talise. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, menggunakan desain observasional analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas IV dan V di SD Inpres 1 Talise yang berjumlah 82 orang. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu Probability Sampling. Hasil penelitian dari 45 responden menunjukan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak dengan hasil uji Chi-Square didapatkan p value 0,030 dan ada hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak dengan hasil uji Chi-Square didapatkan p value 0,033. Terdapat ada hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar dan kecerdasan emosionala anak usia sekolah di SD Inpres 1 Talise. Diharapkan Bagi masyarakat, orang tua, dan SD Inpres 1 Talise agar memilih cara terbaik untuk mengasuh anak dan agar mengembangkan program pendidikan berkaitan dengan pola asuh orang tua di sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurasiah NURASIAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Health Scientific Journal (JKII) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.