Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Nyeri Menstruasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Perempuan di SMPN 1 Galang

Authors

  • fusfadilah yusuf universitas widya nusantara

DOI:

https://doi.org/10.51933/health.v10i1.1641

Abstract

Dismenore merupakan nyeri pada bagian bawah abdomen, terkadang dapat merambat ke pinggang, punggung bawah, dan paha. Biasanya, dismenore muncul dua atau tiga tahun setelah atau saat pertama kali menstruasi. Tingkat keparahan disminorea bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang nyeri menstruasi terhadap tingkat pengetahuan remaja perempuan di SMP Negeri 1 Galang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif  Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas VIIIA dan VIIIB di SMP Negeri 1 Galang berjumlah 36 siswi, dengan teknik pengambilan sampel total sampling, dengan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 36 responden. Dengan menggunakan analisa data yang menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pemberian pendidikan kesehatan mayoritas responden berada pada kategori tingkat pengetahuan kurang (77,8%), sedangkan setelah pemberian pendidikan kesehatan responden terbanyak pada kategori tingkat pengetahuan baik ( 91,7%). Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang nyeri mesntruasi terhadap tingkat pengetahuan remaja perempuan di SMP Negeri 1 Galang. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat digunakan oleh sekolah untuk memberikan pendidikan kesehatan mengenai menstruasi dan nyeri menstruasi pada siswi sebelum dan sesudah mengalami menstruasi.

                                                                                                   

Kata Kunci : Remaja, Menstruasi, Dismenore, Pengetahuan.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

yusuf, fusfadilah. (2025). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Nyeri Menstruasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Perempuan di SMPN 1 Galang. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 10(1). https://doi.org/10.51933/health.v10i1.1641