Pengaruh Edukasi Bencana Tsunami Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Tsunami Di Pondok Pesantren Hidayatullah Palu
DOI:
https://doi.org/10.51933/health.v10i1.1642Abstract
Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana merupakan hal yang penting, mereka memiliki risiko yang tinggi saat terjadi bencana. Hal ini menekankan pentingnya mendidik anak-anak tentang kejadian bencana dan kesiapsiagaan bencana sejak usia dini Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa tenaga kesehatan yang memberikan penyuluhan dan informasi melalui media cetak elektronik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Edukasi Bencana Tsunami Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Tsunami Di Pondok Pesantren Hidayatullah Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one-group pre-test post-test design untuk merancang penelitian pre-exprimental. Populasi pada penelitian ialah siswa kelas VA serta VB di Pondok Pesantren Hidayahtullah Palu, dengan teknik proportional random sampling, didapatkan sampel pada penelitian ini ialah 38 responden. Dengan analisa univariat serta bivariat yang menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian yang di dapatkan berdasarkan uji Wilcoxon bahwa sebelum pemberian edukasi mayoritas responden berada pada kategori kesiapsiagaan kurang (76,3%), sedangkan sesudah pemberian edukasi responden terbanyak berada pada kategori kesiapsiagaan baik (94,7%). Ada Pengaruh Edukasi Bencana Tsunami Terhadap Kesiapsiagaan Siswa di Pondok Pesantren Hidayahtullah Palu sebelum dan sesudah diberikan edukasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












