Strategi Manajemen Resiko dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur tentang Penerapan di Rumah Saki

Authors

  • afira febriani surya wijaya sangga bbuana university

DOI:

https://doi.org/10.51933/health.v9i2.1711

Keywords:

Patient Satisfaction, Risk Management, Service Quality

Abstract

Pelayanan kesehatan menghadapi berbagai risiko yang dapat mempengaruhi kualitas dan keselamatan
pasien. Rumah sakit semakin menyadari pentingnya manajemen risiko untuk memberikan layanan
terbaik karena kemajuan teknologi dan tuntutan layanan kesehatan yang meningkat. Manajemen risiko
tidak hanya mengurangi insiden buruk tetapi juga memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan
yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan pendekatan
manajemen risiko dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan di rumah sakit.
Penelitian ini dilakukan secara kualitatif melalui pendekatan studi pustaka, dan sumber datanya berasal
dari artikel jurnal dan buku. Analisis data dilakukan melalui analisis isi atau konten. Penelitian
menunjukkan bahwa manajemen risiko dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengurangi
kejadian tidak diinginkan, meningkatkan keselamatan pasien, dan mengoptimalkan proses pelayanan.
Rumah sakit yang memasukkan manajemen risiko dalam strategi operasionalnya cenderung
memberikan layanan yang lebih baik kepada pasien dan meningkatkan keselamatan pasien. Pada
akhirnya, pasien akan lebih puas dan lebih setia kepada rumah sakit.
Kata kunci : Managerial Resiko, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Downloads

Published

2024-12-23 — Updated on 2024-12-23

Versions

How to Cite

surya wijaya, afira febriani. (2024). Strategi Manajemen Resiko dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur tentang Penerapan di Rumah Saki. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 9(2). https://doi.org/10.51933/health.v9i2.1711