HUBUNGAN PERILAKU IBU HAMIL DAN MOTIVASI PETUGAS KESEHATAN DENGAN KEPATUHAN MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LABUHAN RASOKI

  • Yulia Vera
  • Nurelilasari Siregar

Abstract

Anemia gizi besi merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia dimana angka kematian pada ibu hamil masih cukup tinggi. Untuk menanggulangi masalah tersebut maka pemerintah melaksanakan suatu program pemberian tablet zat besi pada ibu hamil. Salah satu program pemerintah untuk mencegah anemia kehamilan di Indonesia adalah suplementasi besi yang dibagikan gratis melalui Puskesmas dan Posyandu. Efektifitas program ini sulit dicapai karena sering kali dihambat oleh rendahnya kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet besi di wilayah kerja Puskesmas Labuhan Rasoki tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Labuhan Rasoki yang bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku ibu hamil dan motivasi petugas kesehatan dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi pada ibu hamil. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifat deskriptif analitik yang menggunakan kuesioner sebagai pedoman wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang sudah mendapat tablet zat besi, memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Labuhan Rasoki. Pada Tahun 2019  mayoritas kurang sebanyak 32 orang (55,1%), Distribusi Frekuensi Motivasi petugas kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Labuhan Rasoki Tahun 2019 mayoritas tinggi sebanyak 30 orang (51,7%), Distribusi frekuensi kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi di Wilayah Kerja Puskesmas Labuhan Rasoki Padangsidimpuan Tahun 2019 mayoritas patuh sebanyak 38 orang (65,5%), Ada hubungan yang signifikan antara perilaku ibu hamil dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi dengan nilai P value 0.003, Tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi petugas kesehatan dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet zat besi dengan nilai P value 0,45.


Kata Kunci : Tablet Zat Besi, Petugas Kesehatan, Puskesmas Labuhan Rasoki

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 1, 2019
How to Cite
VERA, Yulia; SIREGAR, Nurelilasari. HUBUNGAN PERILAKU IBU HAMIL DAN MOTIVASI PETUGAS KESEHATAN DENGAN KEPATUHAN MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LABUHAN RASOKI. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 133-139, dec. 2019. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/195>. Date accessed: 16 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)