HUBUNGAN PERAN BIDAN PADA IBU MENYUSUI DENGAN PEMBERIAN MP-ASI TERLALU DINI DI DESA PASAR BARU MALINTANG KECAMATAN BUKIT MALINTANG KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN 2018

  • Ayannur Nasution
  • Adi Antoni

Abstract

Kenyataannya di lapangan masih banyak ibu yang memberikan MP-ASI pada bayinya meskipun umurnya masih belum mencapai 6 bulan. Memberikan MP-ASI terlalu dini dapat beresiko infeksi dan diare kemungkinan bisa terjadi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian  yang menggunakan pendekatan deskriftif  korelasi dengan rancangan studi cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi ada  hubungan antara peran bidan pada ibu menyusui dengan pemberian MP ASI terlalu dini di Desa Pasar Baru Malintang Kecamatan Malintang Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2018. Sampel yaitu sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder yang meliputi, umur ibu, pendidikan ibu, peranan bidan pada ibu mneyusui dan pemberian MP-ASI terlalu dini  Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan peran bidan pada ibu menyusui dengan pemberian MP-ASI terlalu dini (p=0,002). Diharapkan kepada tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan penyuluhan oleh petugas kesehatan kepada ibu menyusui yang memiliki bayi 0-6 bulan agar tidak memberikan MP-ASI terlalu dini, dan mengetahui dampak yang terjadi jika diberikan MP-ASI terlalu dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 8, 2020
How to Cite
NASUTION, Ayannur; ANTONI, Adi. HUBUNGAN PERAN BIDAN PADA IBU MENYUSUI DENGAN PEMBERIAN MP-ASI TERLALU DINI DI DESA PASAR BARU MALINTANG KECAMATAN BUKIT MALINTANG KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN 2018. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 20-26, june 2020. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/228>. Date accessed: 19 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v5i1.228.

Most read articles by the same author(s)