Analisis Tempat Tinggal dan Riwayat Penyakit Berbasis Lingkungan Pada Balita di Desa Pargarutan luat harangan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020

  • Vina Anggina Hutasuhut Rumah sakit khusus paru provinsi

Abstract

Tersedianya sarana sanitasi dasar dan komponen rumah merupakan salah satu syarat rumah sehat. Sanitasi adalah upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu penyakit yang bersumber dari lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan terkait usaha kesehatan lingkungan hidup manusia Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang balita dengan rentang usia 0 – 59 bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengukuran pada penelitian ini dilakukan dengan menilai aspek tempat tinggal dan riwayat penyakit responden. Hasil dari penelitian ini didapatkan 45.8% responden memiliki tempat tinggal semi permanen, 65.7% responden memiliki penerangan kurang, , dan 57.1% responden memiliki ventilasi <10%. Untuk riwayat penyakit diketahui  60% balita memiliki riwayat penyakit diare dan 94.7 responden pernah mengalami –penyakit ISPA. Hanya sekitar 8.5% balita yang tidak memiliki riwayat penyakit.. Disarankan kepada responden untuk memperbaiki kualitas kesehatan lingkungan, terutama untuk pencahayaan dan ventilasi. Pada penelitian berikutnya dilakukan penelitian untuk melihat korelasi antar variabel penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 28, 2021
How to Cite
HUTASUHUT, Vina Anggina. Analisis Tempat Tinggal dan Riwayat Penyakit Berbasis Lingkungan Pada Balita di Desa Pargarutan luat harangan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 52-55, june 2021. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/403>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.5193/health.v6i1.403.