Hubungan Kebiasaan Konsumsi Makanan Asin Dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Desa Labuhan Labo Kota Padangsidimpuan Tahun 2018

  • Delfi Ramadhini . STIKes Aufa Royhan Padangsidimpuan
  • Suryati . . STIKes Aufa Royhan Padangsidimpuan

Abstract

Hipertensi adalah keadaan peningkatan tekanan darah yang memberi gejala berlanjut ke organ target. Di Indonesia prevalensi hipertensi pada lansia meningkat dari tahun 2007 sebesar 24,2 % menjadi 63,8% pada tahun 2013. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan konsumsi makanan asin dengan kejadian hipertensi pada lansia di Desa Labuhan Labo kota Padangsidimpuan. Penelitian menggunakan metode survei analitik, dengan rancangan cross sectional study. Penelitian dilakukan di Desa Labuhan Labo kota Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 87 orang. Data dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan mayoritas lansia mengkonsumsi makanan asin (54%) dan tidak mengalami hipertensi (89,7%). Hasil analisa bivariat menunjukkan ada hubungan kebiasaan konsumsi makanan asin dengan kejadian hipertensi pada lansia di Desa Labuhan Labo kota Padangsidimpuan (ρ=0,027). Disarankan bagi lansia menerapkan konsumsi makanan rendah garam dan tinggi serat untuk mencapai tekanan darah mendekati normal agar tidak terjadi komplikasi yang lebih berat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 10, 2018
How to Cite
., Delfi Ramadhini; ., Suryati .. Hubungan Kebiasaan Konsumsi Makanan Asin Dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Desa Labuhan Labo Kota Padangsidimpuan Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 29-37, dec. 2018. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/48>. Date accessed: 25 apr. 2024.