Pengaruh Jus Buah Mengkudu Dan Madu Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

  • Nanda Masraini Daulay STIKes Aufa Royhan Padangsidimpuan
  • Febrina Angraini Simamora STIKes Aufa Royhan Padangsidimpuan

Abstract

Penyakit darah tinggi yang lebih dikenal sebagai hipertensi memang bukan pembunuh sejati, tetapi penyakit ini digolongkan sebagai the silent killer. Angka kejadian hipertensi di dunia cukup tinggi yaitu 10% dari populasi dunia menyebutkan bahwa hipertensi diderita lebih dari 1,5 miliar jiwa diseluruh dunia dan garam yang berlebihan adalah faktor utama dalam meningkatkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Jus Buah Mengkudu dan Madu Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di desa pasar Matanggor Kecamatan Batang Onang Kab. Padang Lawas Utara Tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimen dengan metode non equvalent control group pretes and postest design. Responden pada penelitian ini berjumlah 26 orang. Uji statistik yang digunakan adalah uji T-Dependen dan uji T-Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh jus buah mengkudu dan madu terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi pada kelompok eksperimen dengan nilai p-value 0,000 dan tidak ada pengaruh jus buah mengkudu dan madu pada penderita hipertensi pada kelompok kontrol dengan nilai 0,450. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi responden untuk menjadikan jus buah mengkudu sebagai salah satu upaya untuk menurunkan tekanan darah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 10, 2018
How to Cite
DAULAY, Nanda Masraini; SIMAMORA, Febrina Angraini. Pengaruh Jus Buah Mengkudu Dan Madu Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 38-46, dec. 2018. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/50>. Date accessed: 29 may 2024.

Most read articles by the same author(s)