e HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD), SIKAP,DAN PERILAKU PETANI SAAT PENYEMPROTAN PESTISIDA PADA KELOMPOK TANI

APD, Pestisida, Pengetahuan,Prilaku

  • Entianopa - Entianopa SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN IBU JAMBI

Abstract

Dalam implementasi pemakaiaan alat pelindung diri, faktanya masih banyak petani yang tidak mau memakai APD. Ada banyak faktor yang berhubungan dengan penggunaan APD pada petani. Beberapa faktornya adalah faktor pengetahuan, sikap, masa kerja, perilaku, dan umur. Desain penelitian adalah cross sectional. Penelitian dilakukan pada Kelompok tani sumber Tani di Kelurahan Paal Merah Kota Jambi pada bulan juli tahun 2021. Sampel penelitian adalah para petani yang tergabung dalam kelompok tani sumber tani sebanyak 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalsis menggunakan uji Regresi Logistik. hasil akhir analisis multivariat regresi logistik karena variabel sikap, ketersediaan APD, mempunyai p value < 0,05, dengan demikian ke dua variabel mempunyai pengaruh terhadap Prilaku penggunaan APD. Meningkatkan pengetahuan dan sikap perilaku petani dengan cara memberi informasi tentang manfaat APD melalui metode inovatif berdasarkan hasil penjajakan yang relevan secara berkesinambungan (parsipatoris) agar meningkatkan penggunaan APD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2021
How to Cite
ENTIANOPA, Entianopa -. e HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD), SIKAP,DAN PERILAKU PETANI SAAT PENYEMPROTAN PESTISIDA PADA KELOMPOK TANI. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 131 -133, dec. 2021. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/520>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.5193/health.v6i2.520.