HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MANGASA KOTA MAKASSAR

  • haslinah Ahmad Universitas Aufa Royhan di kota padangsidimpuan
  • Mastiur Napitupulu

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor yang penting dalam mencapai kepuasaan pasien. Kepuasaan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya (Pohan, 2017).Diketahuinya hubungan Mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jenis penelitan ini adalahDeskriptif Analisis dengan menggunakan Desain penelitian  cross sectional untuk melihat Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Penelitian telah dilaksanakan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar pada tanggal 27 mei sampai dengan tanggal 27 Juli. . Hasil penilitian ini dengan menggunakan analisis statistik dengan menggunakan Uji Chi-square diperoleh nilai p=0,00. Karena nilai p < α=0,05 maka hipotesis alternatif diterima. Hal ini menandakan ada hubungan antara keberwujudan, kehandalan, ketanggapan Jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor yang penting dalam mencapai kepuasaan pasien. Kepuasaan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya (Pohan, 2017).Diketahuinya hubungan Mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jenis penelitan ini adalahDeskriptif Analisis dengan menggunakan Desain penelitian  cross sectional untuk melihat Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Penelitian telah dilaksanakan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar pada tanggal 27 mei sampai dengan tanggal 27 Juli. . Hasil penilitian ini dengan menggunakan analisis statistik dengan menggunakan Uji Chi-square diperoleh nilai p=0,00. Karena nilai p < α=0,05 maka hipotesis alternatif diterima. Hal ini menandakan ada hubungan antara keberwujudan, kehandalan, ketanggapan Jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar.


ABSTRACT


Quality health services are an important factor in achieving patient satisfaction. Patient satisfaction is a level of patient's feelings that arises as a result of the performance of health services obtained after the patient compares it with what he expected (Pohan, 2017). Knowing the relationship between the quality of health services to the level of satisfaction of outpatients at the Health Center Mangasa, Makassar City. This type of research is Descriptive Analysis using a cross sectional study design to see the relationship between the quality of health services to the level of outpatient satisfaction at the Public Health Center Mangasa, Makassar. Research has been carried out at the Health Center Mangasa, Makassar on May 27 to July 27. . The results of this study using statistical analysis using the Chi-square test obtained a value of p = 0.00. Because the value of p <α = 0.05, the alternative hypothesis is accepted. This indicates there is a relationship between reality, reliability, assurance of responsiveness and empathy for outpatient satisfaction at the Health Center Mangasa, Makassar


Keywords      : Manifestation, Reliability, Stamina, Guarantee, Empathy


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2021
How to Cite
AHMAD, haslinah; NAPITUPULU, Mastiur. HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MANGASA KOTA MAKASSAR. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 193 - 204, dec. 2021. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/546>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.5193/health.v6i2.546.