Hubungan Umur, Paritas dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan Tahun 2021

  • Delfi Ramadhini
  • Sri Sartika Sari Dewi

Abstract

Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat menyebabkan kekurangan darah (anemia). World Health Organization (2019) prevalensi anemia pada ibu hamil sebesar 41,8%. Penyebab terjadinya anemia kehamilan diantaranya umur, paritas dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan umur, paritas dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah dengan kejadian anemia pada ibu hamil di puskesmas batunadua kota padangsidimpuan tahun 2021. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan sebanyak 229 orang dan jumlah sampel sebanyak 70 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisa yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan umur (p=0,001), paritas (p=0,006) dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah (p=0,001) dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Kesimpulan diperoleh bahwa umur, paritas dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah ada hubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Saran diharapkan pada ibu hamil di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan dapat memperhatikan umur dan jumlah telah melahirkan anak apabila merencanakan kehamilan, apabila ibu telah hamil maka harus rutin memeriksakan kehamilannya di tempat pelayanan kesehatan terdekat dan patuh dalam mengkonsumsi tablet tambah darah sehingga dapat terhindar dari kejadian anemia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2021
How to Cite
RAMADHINI, Delfi; DEWI, Sri Sartika Sari. Hubungan Umur, Paritas dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 148-156, dec. 2021. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/600>. Date accessed: 02 july 2022. doi: http://dx.doi.org/10.5193/health.v6i2.600.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>