Relationship between Toilet Training Initiation Age and Factors Affecting Toilet Training to Toilet Training Achievements

  • Alya Nabila Meilisa

Abstract

Abstrak: : Toilet training adalah suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol buang air besar dan buang air kecil yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan penelitian: untuk mengetahui hubungan usia inisiasi toilet training dan faktor-faktor yang mempengaruhi toilet training dengan pencapaian toilet training. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif berdesain penelitian deskriptif korelasional memakai pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yaitu orang tua yang mempunya anak prasekolah. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan melalui google form terdiri dari 5 macam kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat      hubungan antara usia inisiasi toilet training (p value =0,297) dan pengetahuan orang tua (p value = 0,678) dengan pencapaian toilet training. Namun, terdapat hubungan antara peran orang tua (p value = 0,000) dan frekuensi penggunaan diapers (p value = 0,000) dengan pencapaian toilet training. Kesimpulan: usia inisiasi toilet training dan faktor pengetahuan orang tua tidak berhubungan dengan pencapaian toilet training sedangkan faktor peran orang tua dan frekuensi penggunaan diapers mempunyai hubungan yang bermakna dengan pencapaian toilet training.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 28, 2022
How to Cite
MEILISA, Alya Nabila. Relationship between Toilet Training Initiation Age and Factors Affecting Toilet Training to Toilet Training Achievements. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 20-26, june 2022. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/769>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v7i1.769.