FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN METODE IVA DI PUSKESMAS GARUDA PEKANBARU

  • Vioni Julika Putri Fakultas Keperawatan Universitas Riau

Abstract

Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua setelah penyakit kardiovaskular. Kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara salah satunya adalah melakukan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yang merupakan salah satu metode untuk deteksi secara dini adanya kanker serviks dengan menggunakan asam asetat 3-5% pada inspekulo dan dilihat dengan pengamatan lansung (mata telanjang), namun kenyataannya masih banyak ibu yang tidak mau melakukan IVA test. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu melakukan deteksi dini Kanker serviks dengan metode  IVA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah wanita usia subur. Sampel berjumlah 98 responden dengan teknik pengambilan accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan adalah uji chi square. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara peran dan dukungan keluarga dengan perilaku ibu melakukan deteksi dini Kanker serviks dengan metode  IVA. Peran petugas kesehatan dan dukungan keluarga mempengaruhi perilaku ibu melakukan deteksi dini Kanker serviks dengan metode  IVA. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan edukasi pentingnya melakukan deteksi dini Kanker serviks dengan metode  IVA pada ibu wanita usia subur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 28, 2022
How to Cite
PUTRI, Vioni Julika. FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN METODE IVA DI PUSKESMAS GARUDA PEKANBARU. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia / Indonesian Health Scientific Journal, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 74-86, june 2022. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/784>. Date accessed: 08 dec. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v7i1.784.