A PENGARUH PEMBERIAN SEDUHAN REBUSAN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) DAN DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius roxb) TERHADAP GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (DM)

PENGARUH PEMBERIAN SEDUHAN REBUSAN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) DAN DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius roxb) TERHADAP GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (DM)

  • Nur Ela Janniati Sakina Universitas Riau

Abstract

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) dan daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius roxb) merupakan tanaman herbal yang mengandung zat aktif yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Mahkota dewa mengandung saponin, terpenoid, tanin, fefenol, flavonoid, dan alkaloid sedangkan daun pandan mengandung tanin, alkaloid, dan flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh seduhan rebusan mahkota dewa dan daun pandan wangi terhadap gula darah pada penderita diabetes mellitus (DM). Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment. Responden dalam penelitian ini adalah 15 pasien terdiagnosis DM dengan kadar gula darah 200 di Puskesmas Rejosari, sampel penelitian diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan ada pengaruh seduhan rebusan mahkota dewa dan daun pandan wangi terhadap gula darah pada penderita diabetes mellitus (DM) dengan nilai p (0,000) < alpha (0,05). Kesimpulan: Ada pengaruh seduhan rebusan daun mahkota dewa dan daun pandan wangi terhadap kadar gula darah penderita diabetes mellitus (DM) di wilayah kerja Puskesmas Rejosari Pekanbaru.


 


Kata kunci : Mahkota dewa, daun pandan wangi, diabetes melitus, gula darah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
SAKINA, Nur Ela Janniati. A PENGARUH PEMBERIAN SEDUHAN REBUSAN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) DAN DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius roxb) TERHADAP GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (DM). Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 256-265, june 2022. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/803>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v7i1.803.