Efektivitas Dukungan Keluarga Dalam Menjaga Konsistensi Pemulihan Dan Mencegah Terjadinya Relapse Pada Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas II A Sungguminasa – Gowa, Sulawesi Selatan

  • Ibnul Aljauzi Amri Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Nurul Muchlisa Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Aynun Abdi Putri Bausad Universitas Pejuang Republik Indonesia

Abstract

Selain pencegahan penyalahgunaan narkotika, hal yang tidak bisa luput dari perhatian dari pemerintah hingga masyarakat yaitu kasus kambuh (relapse) pada mantan penyalahguna narkotika. Terdapat beberapa penyebab terjadinya relapse diantaranya kembali bergaul dengan pengguna aktif, kehilangan dukungan serta tingkat penggunaan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji efektifitas dari dukungan keluarga dalam menjaga konsistensi pemulihan bagi mantan penyalahguna narkotika yang sedang menjalani masa rehabilitasi dan mantan penyalahguna narkotika pasca rehabilitasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam pada enam mantan penyalahguna narkotika yang sedang menjalani masa rehabilitasi dan tiga mantan penyalahguna narkotika pasca rehabilitasi serta dua tenaga profesional dari Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI) Sulawesi Selatan. Hasil dari penelitian ini yaitu peran keluarga sangat penting dalam menjaga konsistensi pemulihan mantan penyalahguna narkotika serta dibutuhkan tanggungjawab lebih oleh keluarga untuk mencegah terjadinya relapse. Keluarga memiliki peran penting dan hubungan yang kuat yang akan menjadi sumber kekuatan untuk individu berhenti menyalahgunakan narkoba.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 15, 2022
How to Cite
AMRI, Ibnul Aljauzi; MUCHLISA, Nurul; BAUSAD, Aynun Abdi Putri. Efektivitas Dukungan Keluarga Dalam Menjaga Konsistensi Pemulihan Dan Mencegah Terjadinya Relapse Pada Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas II A Sungguminasa – Gowa, Sulawesi Selatan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia / Indonesian Health Scientific Journal, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 173-178, dec. 2022. ISSN 2623-2499. Available at: <https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/917>. Date accessed: 03 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v7i2.917.