MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMA NEGERI 1 BATANG ANGKOLA
DOI:
https://doi.org/10.51933/jpma.v2i1.986Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa pada materi laporan hasil observasi. Dan Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batang Angkola bulan September 2019 sampai dengan bulan November 2019.dan Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Batang Angkola tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbahasa Indonesia. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) keterampilan berbahasa Indonesia siswa pada materi laporan hasil observasi meningkat pada siklus I menunjukkan rata-rata 69, dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,88% dan pada siklus II menunjukkan rata-rata 89 dengan ketuntasan klasikal 90,63% atau terjadi peningkatan 44%; 2) aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I antara lain membaca dan menulis 37%, mengerjakan LKS 32%, bertanya sesama teman 21%, bertanya kepada guru 5%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 5%. Sedangkan menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca dan menulis 32%, mengerjakan LKS 35%, bertanya sesama teman 21%, bertanya kepada guru 9%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar 3%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia dan aktivitas belajar siswa dalam dua siklus.
Kata Kunci: project based learning, keterampilan berbahasa Indonesia, aktivitas
Abstract
This study applies a project-based learning model as an effort to improve students' Indonesian language skills in the observation report material. This classroom action research took place in two cycles. The research was conducted at SMA Negeri 1 Batang Angkola from September 2019 to November 2019. The research subjects were all students of class X MIPA-2 SMA Negeri 1 Batang Angkola in the 2019/2020 academic year, totaling 32 students. The object of research is Indonesian language skills. The results showed: 1) the students' Indonesian language skills on the material of the observation report increased in the first cycle, showing an average of 69, with classical learning completeness of 46.88% and in the second cycle showed an average of 89 with classical completeness of 90.63 % or an increase of 44%; 2) student learning activities increased in the first cycle including reading and writing 37%, working on worksheets 32%, asking fellow friends 21%, asking questions to the teacher 5%, and 5% irrelevant to teaching and learning activities. Meanwhile, according to observations in Cycle II, among others, reading and writing 32%, doing worksheets 35%, asking fellow friends 21%, asking questions to the teacher 9%, and 3% irrelevant to teaching and learning activities. Thus the application of the project-based learningmodel can improve Indonesian language skills and student learning activities in two cycles.
Keywords: project based learning, Indonesian language skills, activities
Keywords:
project based learning, Indonesian language skills, activitiesDownloads
References
kenyataan. (Terjemahan Syarif Hade Masyah). Jakarta: Hikmah. (Buku asli diterbitkan tahun 2003).
Hendro. (2005). How to be come a smart entrepreneur and to star a new business. Yogyakarta: Andi Offset.
Miftachul Huda. 2009. http://socialworkers.or.id). Pranowo, Pembelajaran yang menumbuhkan sikap wirausaha, http:www.ekofeum.or.id/artikel.php?cid=51
Steade Richard D. And James R. Lowry. (1987) Business: An introduction.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) © 2019 by Universitas Aufa Royhan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
Most read articles by the same author(s)
- juliana siregar, PENTINGNYA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERWAWASAN LITERASI DI PERGURUAN TINGGI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 5 No. 1 (2023): Vol. 5 No. 1 April 2023
- juliana siregar, Olivia Feby Mon Harahap, Heka Afriannur, PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS AUFA ROYHAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN TERHADAP PERAN BAHASA INDONESIA DALAM PELAYANAN KEBIDANAN , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 6 No. 1 (2024): Vol.6 No. 1 April 2024
- juliana siregar, PKM PENTINGNYA BERBAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 4 No. 3 (2022): Vol. 4 No. 3 Desember 2022
- Juliana Siregar, Olivia Feby Mon Harahap, PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Pentingnya Nilai-nilai Budaya Yang Terkandung dalam Cerita Rakyat Putri Runduk Sibolga Di Kelurahan Pintu Padang,Kecamatan Batang Angkola,Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 3 (2020): Vol. 2 No. 3 Desember 2020
- juliana Siregar, Heka Afriannur Pasaribu, PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA BAKU BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PASIR NAULI KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 1 No. 1 (2019): Vol. 1 No. 1 Desember 2019
- juliana Siregar, Heka Afriannur Pasaribu, BENTUK TINDAK TUTUR PERSUASI PERAWAT DAN PASIEN DI PUSKESMAS PINTU PADANG , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 3 (2020): Vol. 2 No. 3 Desember 2020
- juliana siregar, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE PARAFRASE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AUFA ROYHAN PROGRAM STUDI S -1 KEBIDANAN , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 5 No. 1 (2023): Vol. 5 No. 1 April 2023
- juliana siregar, Olivia Feby Mon Harahap, Heka Afriannur, PENYULUHAN PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PRIA DI LAPAS , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 5 No. 3 (2023): Vol. 5 No. 3 Desember 2023
- juliana siregar, Heka Afriannur Pasaribu, PKM Pentingnya Edukasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana dalam Dunia Usaha di BLK Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 3 No. 1 (2021): Vol.3 No.1 April 2021