PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE PARAFRASE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AUFA ROYHAN PROGRAM STUDI S -1 KEBIDANAN
DOI:
https://doi.org/10.51933/jpma.v5i1.995Keywords:
kemampuan menyimak, metode parafraseAbstract
Adapun Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak mahasiswa yang sangat rendah sehingga tidak mencapai ketuntasan kemampuan belajar yang diharapkan. Permasalahan ini terjadi, diantaranya kurangnya pemahaman terhadap mata kuliah, dan ketidaktepatan dalam pemilihan cara pembelajaran yang digunakan dosen. Faktor lain, berasal dari mahasiswa adalah kurangnya motivasi untuk menyimak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menyimak dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses menyimak mahasiswa melalui metode parafrase. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian berupa hasil tes unjuk kerja tertulis, hasil lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, dan angket mahasiswa terhadap pembelajaran menyimak melalui pemaham Metode parafrase mahasiswa program studi s-I Kebidanan universitas aufa royhan tahun pelajaran 2022-2023 yang berjumlah 30 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, yang pelaksanaanya dalam empat kali pertemuan dan berkolaborasi dengan dosen bahasa Indonesia di kampus yang sama. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap Metode parafrase dapat meningkatkan kemampuan Kemampuan menyimak mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. Pada siklus I, rata-rata hasil kemampuan menyimak mahasiswa adalah 71,50. Permasalahan yang terjadi pada siklus I ini adalah, (1) mahasiswa masih belum mampu menyimak materi dengan baik, (2) mahasiswa masih belum mampu mengungkapkan kembali materi yang disimaknya, (3) mahasiswa masih belum mampu membuat menjelaskan hasil simakannyanya, dan (4) mahasiswa masih belum percaya diri dalam bersosialisasi dalam lingkungan sekitarnya. Pada siklus II, rata-rata hasil kemampuan menyimak mahasiswa meningkat, yaitu 80,70. Perubahan tingkah laku yang tampak dalam pembelajaran Kemampuan menyimak rnelalui pemahaman Metode parafrase yaitu mahasiswa merasa senang, lebih bersemangat, aktif dan mandiri dalam melaksanakan tugasnya, mahasiswa juga lebih memahami materi simakan melalui Metode parafrase tersebut.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) © 2019 by Universitas Aufa Royhan is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
Most read articles by the same author(s)
- juliana siregar, PENTINGNYA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERWAWASAN LITERASI DI PERGURUAN TINGGI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 5 No. 1 (2023): Vol. 5 No. 1 April 2023
- juliana siregar, PKM PENTINGNYA BERBAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 4 No. 3 (2022): Vol. 4 No. 3 Desember 2022
- juliana siregar, Olivia Feby Mon Harahap, Heka Afriannur, PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS AUFA ROYHAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN TERHADAP PERAN BAHASA INDONESIA DALAM PELAYANAN KEBIDANAN , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 6 No. 1 (2024): Vol.6 No. 1 April 2024
- Juliana Siregar, Olivia Feby Mon Harahap, PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Pentingnya Nilai-nilai Budaya Yang Terkandung dalam Cerita Rakyat Putri Runduk Sibolga Di Kelurahan Pintu Padang,Kecamatan Batang Angkola,Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 3 (2020): Vol. 2 No. 3 Desember 2020
- juliana Siregar, Heka Afriannur Pasaribu, PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA BAKU BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PASIR NAULI KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 1 No. 1 (2019): Vol. 1 No. 1 Desember 2019
- juliana Siregar, Heka Afriannur Pasaribu, BENTUK TINDAK TUTUR PERSUASI PERAWAT DAN PASIEN DI PUSKESMAS PINTU PADANG , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 3 (2020): Vol. 2 No. 3 Desember 2020
- Olivia Harahap, Sherli Rahmadani Zebua, Juliana, PERKEMBANGAN EMOSI TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 6 No. 3 (2024): Vol. 6 No. 3 Desember 2024
- juliana Siregar, MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMA NEGERI 1 BATANG ANGKOLA , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 2 No. 1 (2020): Vol. 2 No. 1 April 2020
- juliana siregar, Olivia Feby Mon Harahap, Heka Afriannur, PENYULUHAN PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PRIA DI LAPAS , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 5 No. 3 (2023): Vol. 5 No. 3 Desember 2023
- juliana siregar, Heka Afriannur Pasaribu, PKM Pentingnya Edukasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana dalam Dunia Usaha di BLK Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara , Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA): Vol. 3 No. 1 (2021): Vol.3 No.1 April 2021