PEMBUATAN SEDIAAN PAREM DARI DAUN BAKUNG (Crinum asiaticum) DENGAN CAMPURAN BERAS, JAHE DAN KENCUR UNTUK PENGOBATAN KESELEO, BENGKAK DAN LUKA MEMAR

  • Elmi Sariani Hasibuan Universitas Aufa Royhan
  • Rini Fitriani Dongoran

Abstract

Daffodil leaves are very often used as a treatment for sprains and swelling. Daffodil also has other benefits, namely as an anti-oxidant, anti-inflammatory and anti-bacterial. Many people use rice, ginger rhizome, and kencur rhizome which are used as luat medicinal ingredients commonly known as parem. This study aims to study the preparation of parem from mixed ingredients using lily leaves, rice, ginger rhizome and kencur rhizome and also for people to use traditional ingredients in the treatment of sprains, swelling and bruises. In this research, parem preparations were made from daffodil leaves, rice, ginger rhizome and kencur rhizome. Parem is prepared by adding 150 grams of lily leaves, 200 grams of rice, 35 grams of jahr and 35 grams of kencur and 35 ml of water using a water solvent, then the parem obtained is shaped and dried for 24 hours. The results of Parem obtained were 225 grams.


 


Daun bakung sangat sering digunakan sebagai pengobatan keseleo dan bengkak. Bakung juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai anti oksidan, anti radang dan anti bakteri. Banyak masyarakat menggunakan beras, rimpang jahe, dan rimpang kencur yang dijadikan sebagai ramuan obat luat yang biasa dikenal dengan nama parem. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pembuatan sediaan parem dari bahan campuran yang menggunakan daun bakung, beras, rimpang jahe dan juga rimpang kencur dan juga dapat digunakan masyarakat untuk menggunakan ramuan tradisional dalam pengobatan keseleo, bengkak dan luka memar. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif, dimana dalam penelitian ini dilakukan pembuatan sediaan parem dari daun bakung, beras, rimpang jahe dan juga rimpang kencur. Pembuatan parem dengan memasukkan 150 gram daun bakung, 200 gram beras, 35 gram jahe dan 35 gram kencur dan air sebanyak 35 ml dengan menggunakan pelarut air, kemudian parem yang diperoleh dibentuk dan dikeringkan selama 24 jam. Hasil dari Parem yang diperoleh sebanyak 225 gram.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 26, 2023
How to Cite
HASIBUAN, Elmi Sariani; DONGORAN, Rini Fitriani. PEMBUATAN SEDIAAN PAREM DARI DAUN BAKUNG (Crinum asiaticum) DENGAN CAMPURAN BERAS, JAHE DAN KENCUR UNTUK PENGOBATAN KESELEO, BENGKAK DAN LUKA MEMAR. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 145-148, june 2023. ISSN 2623-2499. Available at: <http://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1032>. Date accessed: 08 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v8i1.1032.

Most read articles by the same author(s)