BENTUK TINDAK TUTUR PERSUASI PERAWAT DAN PASIEN DI PUSKESMAS PINTU PADANG

Authors

  • juliana Siregar Universitas Aufa Royhan
  • Heka Afriannur Pasaribu

DOI:

https://doi.org/10.51933/jpma.v2i3.987

Abstract

Abstarct

In Disclosure and purpose for different language events. In Puskesmas, the Tuturan between the nurse and the patient to express the intent behind the gutura and show the actions. Therefore this research aims to describe the function of speech in the speech speech in the speech speech and patient at the Padang Door Puskesmas, Angkola bar sub-district and describe the form of persuasion used by nurses and patients in Padang Door Puskesmas Batang Angkola. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. And the source of this research data is the speech of nurses and patients, the guturances between nurses and patients at Padang Door Puskesmas Batang Angkola District, and written documents in the form of interstellar transcripts in the nurse and Padang Door Puskesmas patient Batang Angkola District. As for the collection of data is obtained using the listening method and followed by advanced techniques: skill-free listening technique and note-free technique. And the results of this study are nurse and patient at Padang Door Puskesmas Nurse batang angkola sub-district using persuasion. Where The form of persuasion used is the rationalization of 4 tuturan, suggestion of 2 tuturan, identification of 3 tuturan conformity as many as 4 tuturan, replacement of 2 tuturan, compensation of 2 tuturan and projection of 1 tuturan.

Keywords: form of speech, persuasion.

ABSTRAK

Dalam Pengungkapan tuturan dan tujuan untuk peristiwa berbahasa Berbeda-beda. Di Puskesmas, tuturan antara perawat dan pasien untuk mengungkapkan maksud di balik tuturan dan memperlihatkan tindakan-tindakan. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan fungsi tindak tutur dalam tuturan perawat dan pasien di puskesmas Pintu Padang,Kecamatan batang Angkola serta  mendeskripsikan bentuk persuasi yang digunakan oleh perawat dan pasien di puskesmas Pintu Padang,Kecamatan Batang Angkola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dan Sumber data penelitian ini adalah tuturan perawat dan pasien, tuturan antara perawat dan pasien di puskesmas Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola, dan dokumen tertulis berupa transkip tuturan antartokoh dalam tuturan perawat dan pasien puskesmas Pintu Padang Kecamatan BAtang Angkola ini. Adapun  Pengumpulan data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode simak dan diikuti dengan teknik lanjutan yaitu : teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Dan Hasil penelitian ini yaitu tuturan perawat dan pasien di puskesmas Pintu Padang Kecamatan batang Angkola perawat menggunakan persuasi. Dimana Bentuk persuasi yang digunakan adalah rasionalisasi sebanyak 4 tuturan, sugesti sebanyak dua tuturan, identifikasi sebanyak tiga tuturan konformitas sebanyak 4 tuturan penggantian sebanyak dua tuturan, kompensasi sebanyak dua tuturan dan proyeksi sebanyak satu tuturan.

Kata kunci: bentuk tindak tutur, persuasi

Keywords:

form of speech, persuasion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Etikasari, Dian. 2012. Tindak Tutur Direktif dalam Wacana kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Alwi, Hasan, dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Alwasilah, A Chaedar. 1986. Pokok Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Angkasa
Faisal, Putri Manggala. 2010. Prinsip Kerjasama dan Kesantunan Berbahasa Perawat dalam Menghadapi Pasien yang Mengalami Gangguan Jiwa di RS. J. Prof. dr. Soeroyo Magelang. Diponegoro: Universitas Ilmu Budaya.
Hutagalung, Sari. 2014. Kesopanan Berbahasa dalam Tindak Tutur Direktif Perawat Bangsal Bedah Rumah Sakit dr. M. Djamil Padang. Sumatera Barat: Universitas Bung Hatta
Finoza, Lamudin. 2000. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta: Mawar Gempita

Published

2023-03-26

How to Cite

Siregar, juliana, & Pasaribu, H. A. (2023). BENTUK TINDAK TUTUR PERSUASI PERAWAT DAN PASIEN DI PUSKESMAS PINTU PADANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 2(3), 85–94. https://doi.org/10.51933/jpma.v2i3.987

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>